Thursday, September 10, 2015

Alarm di pagi hari itu, tidak indah

Beberapa hari yang lalu, seperti biasa dilalui dengan hari indah. Menyapa pagi dengan senyum, dan berangkat ke kantor dengan semangat. Apa mo dikata, semua nya itu menjadi sedikit mengkhawatirkan dengan ada message bahwa ada keajaiban di data center kantor. Kabarnya adalah sebagai berikut
alarm-1
Ternyata temperatur di ruang data center sangat tinggi. Akhirnya nada dering saya berbunyi melulu, mulai dari pertanyaan sekitar web server, server, hingga jaringan. Dengan sedikit kemalasan, akhirnya membalas dengan kata-kata mujarab akan segera dilakukan pengecekan. Berdasarkan pengecekan log ac presisi didapat data sebagai berikut



alarm-2

alarm-3
Berdasarkan hasil investigasi tersebut, didapat info bahwa pada jam 12.41 ac mengalami high pressure, karena hal itulah akhirnya mesin mengacau ( tidak bekerja secara optimal ). Akibat kompresor tidak dapat bekerja dengan baik, salah satu ac presisi bekerja lebih berat. Kompresor jika tidak bekerja dengan benar maka outdoor pun juga tidak bekerja dengan baik dapat dilihat pada gambar dibawah ini.
alarm-4
Hal ini harus ditindak lanjuti dengan segera untuk mengaktifkan kembali ac presisi tersebut, jika tidak banyak layanan yang akan terganggu. Salah satu hal yang disarankan adalah dengan menekan tombol yang ada di dekat kompresor ac tersebut seperti gambar di bawah ini.
alarm-5
Dengan ditekannya tombol tersebut, akhirnya kompresor dapat berjalan dengan baik yang ditandai dengan adanya aliran freon di kaca intip freon. Dengan jalannya kedua ac presisi tersebut, dipantau apakah suhu sudah mulai turun. Jika sudah turun, maka hilanglah semua warning. Pertanyaan dari kejadian ini adalah mengapa bisa terjadi. Sampai sekarang saya juga kurang paham, tapi pastinya kurang perawatan sepertinya.

No comments:

Post a Comment