Thursday, September 10, 2015

Ada apa dengan NIC laptop?

Sempat terkejut juga ketika saya sedang mengkonfigurasi perangkat dengan kabel LAN tetapi NIC saya memberi indikator bahwa kabel tidak terhubung, padahal kabel sudah tersambung ke perangkat yang hendak dikonfigurasi (seting wifi, seting router, dll). Ada apa dengan NIC laptop ku?
nic-1


Kacau banget kalo seperti ini. Pasti susah dong kalo gak bisa konfig dengan perangkat, tetapi ada anomali kalo dikoneksikan dengan kabel LAN yang ke internet bisa. Setelah dicek ke switch saya curiga kalo NIC saya hanya mengenali atau berjalan di 1gbps saja. Harus dicari solusinya nich kalo begini. Saya coba ingat-ingat lagi, sepertinya ada konfigurasinya yang harus dirubah. Lalu in action lah, melakukan pengecekan dengan cara
nic-2
Untuk gambar diatas bisa dilakukan dengan cara klik kanan pada gambar pertama diatas dan pilih properties. Jika sudah muncul gambar persis diatas, maka klik tombol configure nantinya akan muncul seperti gambar di bawah ini
nic-3
Jika sudah keluar gambar diatas pilih tab advanced, maka keluar gambar sebagai berikut
nic-4
Pilih menu property Link Speed & Duplex rubah value menjadi Auto Negotiation. Dengan value ini semua akan dikenali baik kecepatan 10/100/1000. Akhirnya masalah selesai nich.

No comments:

Post a Comment