Wednesday, December 31, 2014

Network Simulator Software

Setelah vacuum beberapa saat yang lalu. Akhirnya bisa membuat coretan baru di blog. Kali ini bercerita tentang simulator perangkat jaringan dalam bentuk aplikasi yang dapat digunakan di sistem operasi windows. Sebagai network administrator atau network enginer, kebutuhan untuk melakukan perubahan topologi menuju arah yang lebih baik, selalu akan dilakukan. Perubahan topologi tersebut tidak dapat langsung diimplementasikan di topologi yang sudah jalan. Ketika langsung dirubah di jaringan yang sudah jalan bisa menjadi "bencana" yang luar biasa dahsyat. Mulai dari masalah koneksi, masalah pemberian IP, masalah lain yang tiba-tiba muncul.
Untuk itu kita perlu aplikasi yang bisa dipakai untuk mensimulasikan perubahan jaringan/topologi. Hal ini membantu sebelum menerapkan topologi baru ke sistem yang sudah berjalan. Aplikasi yang bisa dipakai antara lain :
  1. GNS3
  2. Cisco Packet Tracer

GNS3
Pertama kali mendengar tool ini berasal dari acara MUM 2013 di Jogja. Pada saat itu narasumber membawakan presentasi simulasi jaringan mikrotik di GNS3. Sekilas dari paparan narasumber tersebut membuat first impression begitu mempesona. Tahap selanjutnya adalah mencari aplikasi tersebut dan awal mula aplikasi tersebut. GNS3 adalah software simulasi jaringan komputer berbasis GUI yang mirip dengan Cisco Packet Tracer, namun pada GNS3 memungkinkan simulasi jaringan yang komplek, karena menggunakan operating system asli dari perangkat jaringan seperti cisco,  juniper, mikrotik. 
GNS3 awalnya dikembangkan oleh Jeremy Grossman. Yang selanjutnya dikembangkan oleh David Ruiz, Romain Lamaison, Aure’lien Levesque dan Xavier Alt. Dynampis dikembangkan oleh Christophe Fillot. Dynagen dikembangkan oleh Greg Anuzelli.
Untuk memungkinkan simulasi lengkap, GNS3 sangat terkait dengan:
  • Dynamips, program inti yang memungkinkan emulasi Cisco IOS.
  • Dynagen, berbasis teks front-end untuk Dynamips.
  • Qemu, sumber generik dan membuka mesin emulator dan virtualizer.
Aplikasi ini merupakan sumber program, terbuka gratis yang dapat digunakan pada beberapa sistem operasi, termasuk Windows, Linux, dan MacOS X. Fitur utama yang bisa didapat di GNS3 :
  • Desain kualitas tinggi dan topologi jaringan yang kompleks
  • Persaingan banyak platform Cisco IOS router, IPS, PIX dan ASA firewall, JUNOS
  • Simulasi Ethernet sederhana, ATM dan Frame Relay switch
  • Koneksi jaringan simulasi ke dunia nyata
  • Packet capture menggunakan Wireshark
Untuk instalasi di windows silahkan buka pada tautan ini
Untuk ios, junos atau mikrotik image silahkan download ya.

Cisco Packet Tracer
Aplikasi ini merupakan tool yang dapat digunakan untuk melakukan konfigurasi perangkat jaringan Cisco dengan komponen fisik yang terbatas.

Kesimpulan
Network simulator software sedikit banyak mampu membantu kita dalam mensimulasikan jaringan baik untuk diimplementasikan ke sistem yang berjalan ato hanya untuk melakukan simulasi jaringan. Aplikasi ini sangat membantu bagi network engineer dalam mengembangkan jaringan.

No comments:

Post a Comment