Tuesday, December 16, 2014

Infrastruktur vs Aplikasi

Beberapa waktu yang lalu ada hal yang menggelitik dalam alam pikiran.Tiba-tiba teringat akan lapisan OSI yang terdiri dari tujuh lapisan. Entah mengapa juga meluncur ke google dan mencari kata kunci tersebut.
Dari gambar diatas muncul pertanyaan. Kok hampir mirip yah?
Pada TCP/IP model layer merupakan protokol jaringan yang saat ini paling banyak dipakai. Dibalik ide TCP/IP sama dengan model OSI layer yang telah dijelaskan. Ketika mengirim data, program ngobrol dengan lapisan applikasi, selanjutnya turun ke lapisan transport, untuk selanjutnya diteruskan ke lapisan internet dan ke lapisan perangkat jaringan yang dikirim lewat media transmisi berupa kabel udara, dll.


Secara garis besar bisa dijelaskan sebagai berikut :
  • Application : seperti yang kita ketahui, program bicara ke lapisan ini. Beberapa protokol dapat digunakan pada lapisan ini. Paling sering dipakai adalah HTTP (untuk web browsing), SMTP (untuk mengirim email),  POP3 (untuk menerima email), dan FTP (untuk bertukar file)
  • Transport : protokol yang sering dipakai adalah protokol TCP dan UDP
  • Internet : beberapa protokol yang sering dipakai adalah IP
  • Network Interface : sering dipakai adalah MAC
Dari data diatas menjadi acuan ketika membuat judul diatas. Setiap lapisan diatas saling memiliki keterkaitan. Ketika ada yang tidak beres keterkaitan itu akan menjadi bencana. Anggap saja network interface adalah lapisan network yang dipakai untuk mengirim data mogok. Program pasti tidak akan jalan juga.
Dapat diandaikan sebagai berikut, infrastruktur adalah jalan yang menghubungkan dua kota dan mobil adalah aplikasi yang jalan diatas infrastuktur tersebut. Jika jalan tersebut berlubang, tidak rata, dan bergelombang, pastinya mobil akan jalan lambat, bahkan bisa kecelakaan. Jika jalan tersebut mulus, masih bisa mobil kecelakaan karena perilaku sopirnya.
Kesimpulannya jika infrastruktur jaringan tidak bagus, aplikasi pun akan kena efeknya. Begitu juga apabila aplikasi tidak bagus dan tidak benar, infrastruktur jaringan akan kena efeknya. Untuk mencapai kondisi yang pas harus gimana yah? Musti cari cara gimana yah? Ada yang bisa bantu gak ya?

1 comment: