Thursday, December 18, 2014

Merakit Server

Hari ini mendapatkan ilmu baru terkait server, yaitu merakit server. Awal mula ceritanya, sehari lalu ada yang menitipkan server untuk collocation di data center kantor. Seperti perkiraan awal bahwa semua pasti tinggal pasang. Kenyataan berubah menjadi 180 derajat. Ternyata harddisk dan dvd rom belum terpasang.
Untuk sementara sih aman memasang harddisk server. Kita tinggal memasukkan sesuai dengan slotnya sesuai gambar dibawah.



Ketika memasang dvd rom agak terkendala, karena belum pernah memasang perangkat tersebut. Biasanya ketika beli server, perangkat tersebut sudah dipasang atau dipasangkan oleh teknisi dari vendor server tersebut. Setelah dilakukan observasi diketemukan caranya.
Perhatikan lingkaran merah pada gambar diatas. Lepaskan sekrup tersebut dan sekrup disamping kirinya. Sehingga tempat dvd rom tersebut bisa terlepas. Setelah terlepas, pasang dvd rom pada tempatnya. Kemudian pasang kembali sekrup seperti semula. Jangan lupa memasang kabel power dan kabel data (SATA) ke slot yang sudah disediakan di motherboard. Hasilnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini.
Itulah sekelumit cerita merakit server HP Proliant DL380p Gen8. Tapi kerjaannya belum selesai karena harus install OS dan masang ke server produksi. :(

No comments:

Post a Comment