Friday, October 28, 2016

Belajar google hacking

Pagi-pagi sedang asyik mencari sebuah aplikasi tentang bandwidth monitoring untuk pc tetapi tidak ketemu. Akhirnya cari dengan metode yang sedikit nyeleneh di Google yaitu bandwidth monitoring site:www.blahblahblah.com
Setelah saya cek, langsung ditampilkan data dari www.blahblahblah.com dengan kata kunci bandwidth monitoring. Ternyata saya juga tidak sadar sebenarnya saya telah melakukan google hacking / google dorking.

Apa itu?
Google hacking / google dorking adalah sebuah teknik hacking yang menggunakan pencarian Google dan aplikasi Google lainnya untuk mengetahui celah keamanan di konfigurasi dan koding aplikasi pada web ( merujuk pada wikipedia). Ada banyak operator / sintak yang dapat dipakai salah satunya adalah site. Berikut ini beberapa operator yang lain
Dari gambar diatas kita bisa melihat banyak operator yang bisa digunakan dan bisa digabungkan dengan operator yang lain. Untuk lebih lanjut penggunaan saya juga membaca sebuah artikel yang menarik dan dapat diakses disini.

Sedikit Penjelasan
Ada beberapa sintaks yang dapat kita ambil seperti

  • site
  • allintitle dan intitle
  • inurl
  • filetype
Lebih lanjut silahkan lihat gambar di bawah ini





Kesimpulan
Ternyata google banyak memiliki fitur-fitur yang harus kita eksplorasi lebih baik. Fitur pencarian dari Google ini juga menyimpan sebuah dilema. Dimana selain lebih optimal untuk pencarian ternyata bisa juga dipakai untuk mengetahui celah sistem keamanan dari web dan melakukan penetration test. Semuanya itu akhirnya kembali ke pengguna.

No comments:

Post a Comment