Tuesday, October 27, 2015

Problem redirect domain

Kemarin ketika sedang disibukkan dengan permasalahan web lelang elektronik yang tidak bisa diakses sejak beberapa hari. Akhirnya selesai juga permasalahan tersebut dengan mengganti switch dan kabel jaringan (jangan ngambek lagi yang web). Tak lama datang pesan yang bikin deg-degan juga, redirect domain tidak jalan. Kenapa bisa begitu, dari developer sudah membuat script untuk redirect domain. Saya cek juga domain utama, ternyata sudah dialihkan. Apa yang salah yah?
Dalam domain saya sudah saya alihkan, misal
www,domain2    IN A               192.168.x.x
domain2              IN CNAME   www.domain2
www.domain1    IN CNAME    www.domain2
domain1              IN CNAME   www.domain2
Saya cek juga di script di server sudah diarahkan ke domain baru. Scriptnya sebagai berikut
<script>
if(window.location.href == 'http://www.domain1.co.id')
{
window.location="http://www.domain2.co.id";
}
</script>


Tetap saja tidak bisa diakses domain baru jika dipanggil lewat domain lama. Apa yang terjadi? Selidik punya selidik ternyata ada sebuah cara yang menurut saya simple, jika server tersebut memakai virtualhost maka semua bisa teratasi dengan cara 
<VirtualHost *:80>
        ServerName www.domain1.co.id
        Redirect / http://www.domain2.co.id
</VirtualHost>

<VirtualHost *:80>
        ServerName www.domain2.co.id
        . . .
        . . .
</VirtualHost>

Jika sudah restart service apache2. Kemudian akses domain lama, maka akan diredirect ke domain baru.

Jika masih bingung coba cek ke sumber

No comments:

Post a Comment