Thursday, January 22, 2015

Web LPSE

Dua hari yang lalu, terjadi peristiwa yang sangat menggemparkan.Server lpse production down. Entah mengapa tidak bisa diakses situs lelang tersebut. Ketika diakses server lpse utama lewat putty muncul berikut 
Ketika akses server lain baik untuk database dan versi latihan pun juga tidak mengalami masalah seperti gambar diatas. Berbagai usaha dilakukan dari menghubungi pihak LKPP dan melakukan perbaikan sendiri sesuai dengan pelatihan yang diberikan pihak LKPP. Masih menjadi kendala dan belum bisa up juga.

Dalam pengerjaan itu, ada ide untuk meletakkan / memindahkan server utama ke server database. Untuk pengerjaan itu dilakukan oleh pihak LKPP. Sedangkan kita memindahkan port atau dns yang semula ke ip produksi ke ip database.
Prosesnya masuk ke pengaman lpse, untuk merubah ip server utama ke server database
Dari gambar diatas terlihat bahwa yang diberi label hijau merupakan server utama LPSE sedangkan yang dibawahnya adalah server database LPSE dengan ip yang berbeda. Dimana label hijau menandakan bahwa server tersebut tidak aktif. Selanjutnya adalah melakukan restart service tersebut.
Akhirnya sementara ini web LPSE sudah berjalan dengan semestinya. Tapi apapun itu, harus dikerjakan dengan sebaik-baiknya untuk keberlangsungan layanan tersebut.

No comments:

Post a Comment