Wednesday, January 24, 2024

Install Postgresql dan Pgadmin4 di Ubuntu 22.04

Tahun baru berganti, langsung di gas dengan ujicoba restore database karena permintaan untuk audit. Kali ini menurut saya sangat menantang karena belum pernah merestore database postgresql. 

Latar Belakang

PostgreSQL adalah relational database management system atau RDBMS yang bersifat open source. Sistem manajemen basis data satu ini menggunakan bahasa query utama SQL, sama seperti MySQL. PostgreSQL dikembangkan oleh Berkeley Computer Science Department dan sudah dipercaya sebagai database andalan kurang lebih selama 30 tahun terakhir.

Database PostgreSQL banyak digunakan pada berbagai aplikasi mobile, web app, hingga aplikasi analytics. PostgreSQL dapat mengolah data dalam tabel yang mempunyai hubungan satu sama lain. Umumnya, manajemen database ini banyak digunakan untuk berbagai aplikasi dengan kebutuhan pengolahan data yang kompleks.

PostgreSQL adalah manajemen database yang mendukung berbagai bahasa pemrograman populer. Beberapa di antaranya seperti JavaScript, Java, PHP, Python, Tcl, C/C++, Perl, dan masih banyak lainnya. Selain dukungan berbagai bahasa pemrograman, PostgreSQL juga memiliki fitur-fitur unggulan. 

Langkah Instalasi PostgreSQL

Kali ini saya instal dengan menggunakan VMware workstation dengan spesifikasi
RAM 8GB
vCPU 2 core
HD 80 GB
Network dengan bridged
OS Ubuntu 22.04

Instalasi Ubuntu ini saya memakai default dari ubuntunya bukan yang minimalis. Setelah sistem operasi diinstal kita bisa lakukan update dan upgrade dari sistem operasinya

apt update && apt upgrade -y && reboot

Kemudian kita install postgres dengan paket -contrib dan beberapa fungsi

apt install postgresql postgresql-contrib -y

Secara default, Postgres menggunakan konsep yang disebut “role” untuk menangani otentikasi dan otorisasi. Dalam beberapa hal, ini mirip dengan pengguna dan grup gaya Unix biasa.

Setelah instalasi, Postgres menggunakan otentikasi identitas, artinya ia mengaitkan role Postgres dengan akun sistem Unix/Linux yang cocok. Jika ada roe dalam Postgres, nama pengguna Unix/Linux dengan nama yang sama dapat masuk sebagai role tersebut.

Prosedur instalasi membuat akun pengguna bernama postgres yang dikaitkan dengan peran default Postgres. Ada beberapa cara menggunakan akun ini untuk mengakses Postgres. Salah satu caranya adalah beralih ke akun postgres di server Anda dengan menjalankan perintah berikut:

sudo -i -u postgres

Kemudian untuk akses ke Postgres dengan mengetikkan

psql

untuk keluar dari PostgreSQL prompt, dengan menjalankan perintah sebagai berikut:

postgres=# \q

Hal ini akan mengembalikan ke postgres Linux command line. Untuk kembali ke user biasa yang sering kita pake maka ketik perintah exit seperti contoh dibawah ini.

postgres@postgres-coba:~$ exit

Untuk menyiapkan ekosistem ini saya ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum install Pgadmin4. Saya melakukan perubahan user postgres yang secara default tanpa password, saya modifikasi dengan memberikan password sebagai berikut (harus dalam postgres command prompt yah) :

ALTER USER postgres PASSWORD 'coba12345';

Maksud perintah diatas adalah mengisikan password coba12345 kepada user postgres. Langkah selanjutnya adalah membuat allow remote clients pada file postgresql.conf 

nano /etc/postgresql/14/main/postgresql.conf

Setelah dalam file postgresql.conf cari di bagian listen_ addresses dan dirubah menjadi

listen_addresses = '*'

Jangan lupa untuk menyimpan ketika merubah file ini. Jika sudah edit kembali pada file pg_hba.conf

nano /etc/postgresql/14/main/pg_hba.conf

tambahkan di baris paling akhir

host    all             all             all            md5

Jika sudah simpan dan keluar dari file untuk melakukan restart postgres

sudo systemctl restart postgresql
sudo systemctl status postgresql

Sampai ini sudah selesai untuk proses instalasi postgres nya

Langkah Instalasi Pgadmin4

Sebelum proses instalasi, perlu dipastikan di sistem kita telah terinstall "curl". Untuk install dengan menggunakan perintah sebagai berikut :

sudo apt install curl

Seperti pada kebanyakan sistem, pertama kali kita tambahkan GPG key pgadmin kedalam ubuntu

sudo curl https://www.pgadmin.org/static/packages_pgadmin_org.pub | sudo apt-key add

Setelah menambahkan GPG key, langkah berikutnya adalah menambahkan repository dari pgadmin di ubuntu yang akan selalu meng update repository tersebut

sudo sh -c 'echo "deb https://ftp.postgresql.org/pub/pgadmin/pgadmin4/apt/$(lsb_release -cs) pgadmin4 main" > /etc/apt/sources.list.d/pgadmin4.list && sudo apt update'

Ketika sudah selesai dengan update repository, saatnya kita install pgadmin

sudo apt install pgadmin4 -y

Langkah selanjutnya adalah instalasi web support dari pgadmin. Dengan melakukan langkah ini, akun pengguna akan lebih aman. Pada akhirnya, pengguna yang tidak berhak tidak dapat akses ke pgadmin.

sudo /usr/pgadmin4/bin/setup-web.sh

Nanti akan muncul pertanyaan sebagai berikut

Pada bagian email masukan sesuai dengan mail yang sesuai dan jangan lupa isikan password untuk akses kedalam pgadmin. Setelah terisi akan muncul pertanyaan sesuaikan dengan jawaban yang diberi kotak

Untuk hasil akhirnya adalah dengan mengakases alamat pgadmin


Setelah mengisi email dan password baru akan bisa masuk ke halaman akses databasenya

Untuk langkah awal adalah menambah server dengan klik add new server

Isikan name misalkan dengan localhost, kemudian pada tab connection kita pilih 

 

Isikan hostname dengan localhost atau dengan ip address. Username dan password diisi dengan yang telah dibuat sebelumnya. Jika sudah di save.

 

Dapat dilihat kita telah berhasil menambahkan server localhost di pgadmin. Untuk merestore dapat kita lakukan dengan perintah sebagai berikut:

CREATE ROLE admin;
CREATE DATABASE admin_prod;
GRANT ALL PRIVILEGES ON DATABASE admin_prod TO admin;
pg_restore -d admin_prod admin_prod.backup

sumber

- sumber 1

- sumber 2



No comments:

Post a Comment