Monday, July 1, 2019

Solusi Entry Processes di CPanel

Dalam beberapa kejadian, ada yang menarik dan menjadi pemikiran saya ketika melakukan monitoring terhadap server hosting. Dimana server ini berbasis Cloud Linux dan Cpanel yang menurut saya masih awam dalam menangani hal ini. Dalam satu waktu, telah terjadi hal yang cukup menarik bagi saya.

Dari gambar diatas tampak bahwa entry process dari web user telah melampaui batas yang sudah ditetapkan. Ketika kita akses web nantinya akan muncul info bahwa web tidak bisa diakses. Langkah selanjutnya adalah kita cek di bagian Metrics -> CPU and concurrent Connection usage akan muncul seperti gambar di bawah ini


Langkah Penyelesaian
Hal pertama yang saya lakukan adalah ssh ke server, untuk melakukan audit sistem. Jika sudah masuk ke server, saya melakukan perintah

ps --sort etime -A -o etime,pid,user,args | grep php | grep -vE 'php-fpm|\-\-mode daemon|grep'

Kita amati apa yang keluar di layar terminal server dari perintah diatas. Biasanya ada process yang lama yang ditahan di sistem, sehingga menghabiskan resource dari sistem kita seperti gambar di bawah ini
Dari gambar diatas kita bisa mengetahui beberapa hal, pada baris kedua merupakan angka PID atau Process ID untuk melakukan proses berikutnya, yaitu dengan mengetikkan perintah berikut :

killall -9 PID

Setelah kita ketikkan perintah diatas, selanjutnya kita cek kembali dengan perintah ps diatas apakah masih ada proses yang sama. Jika masih ada proses yang sama maka kita lakukan perintah killall sampai proses yang sama habis terlebih dahulu.

Karena server ini adalah server migrasi dari server lama, maka saya lakukan pengecekan berikutnya di php handler kita pastikan bahwa sesuai dengan ekosistem yang lama seperti gambar dibawah ini 

Salah satu penyebabnya adalah disini juga. Dimana php handler biasanya ditangani oleh cgi, sedangkan kita menggunakan multiple version php.

Sumber

No comments:

Post a Comment