Monday, March 6, 2017

Canggihnya Microsoft Excel

Beberapa hari lalu, mendapatkan sebuah tugas dari atasan untuk membuat seluruh akun mail kantor untuk sepuluh ribu user. Sebuah hal yang hampir sangat mustahil jika di logika. Anggap saja tugas tersebut sebagai sebuah tantangan untuk segera diselesaikan dengan cepat. Lalu apa yang harus dilakukan. Hal itulah menjadi langkah berikutnya.

Persiapan
Langkah awal yang diperlukan adalah membuat sintaks untuk membuat script membuat akun mail tersebut. 
createAccount boby@domain.co.id 260305 displayName 'Boby Nugroho' givenName 'Boby ' sn 'Nugroho' zimbraPasswordMustChange FALSE
Langkah selanjutnya adalah membuat username dan password tersebut untuk sepuluh ribu user yang diminta. Meluncurlah ke excel untuk membuat seluruh daftar user yang akan dibuat.


Perintah yang dipakai
Nama yang diberikan dari atasan saya menggunakan huruf besar semua, sehingga harus saya rubah menjadi huruf kecil sebagai awal untuk membuat username dari akun mail. Perintah yang dipakai:
=LOWER(COLUMN)
Jadi deh huruf kecil sesuai dengan yang diharapkan, selain perintah diatas kita bisa pakai perintah PROPER untuk membuat huruf besar untuk awal suku kata dan UPPER untuk membuat semua menjadi huruf besar.
Selanjutnya kita membuat username dengan menggabungkan first name dan last name. Ini yang agak sedikit rumit karena harus mencari first name dan last name. Disini harus menggunakan fungsi dari LEFT dan RIGHT dengan fungsi sebagai berikut :
=LEFT(D2,FIND(" ",D2)-1) &"." & RIGHT(D2,LEN(D2)-FIND("*",SUBSTITUTE(D2," ","*",LEN(D2)-LEN(SUBSTITUTE(D2," ","")))))
Maksud fungsi diatas adalah mencari di kolom kirim tanda spasi dan menambahkan tanda titik. Pada bagian kanan dicari nilai tengah sebelum spasi. Pada langkah selanjutnya agak sedikit rumit karena di kolom pass menggunakan ttl maka harus dirubah dulu dari type date ke string. 
=TEXT(H2,"ddmmyy")
Fungsi diatas digunakan untuk mengubah data dalam format tanggal menjadi format text. Jika ingin mengambil dua digit dari sebuah text dengan menggunakan fungsi right
=RIGHT(J2,2)
Itulah beberapa fungsi yang dipakai.

Kesimpulan
Dari beberapa fungsi diatas, ternyata excel telah berubah mejadi aplikasi yang lebih kompleks menurut saya. 

No comments:

Post a Comment