Tuesday, March 22, 2016

Mengenal apa itu CDN

Apa itu CDN?
Entah beberapa waktu lalu kepikiran terkait tentang CDN. Barang apa itu? Seperti sebuah momok bagi koneksi internet. Daripada ribut-ribut dan bengong kaya sapi ompong akhirnya googling ajah. 
Teknologi website sekarang sudah maju dan akan semakin meningkat dengan inovasi-inovasi yang dilakukan. Dulu ketika masa awal koneksi, website dikenal hanya satu koneksi langsung ke server atau yang dikenal dengan single server distribution.
single-server-distribution

Dengan berjalannya waktu hal ini akan susah dilakukan, terkait kendala lokasi dan besaran bandwidth. Lakukan muncullah inovasi yang dinamakan CDN. CDN merupakan kepanjangan Content Delivery Network atau Content Distribution Network adalah sebuah konsep global dari jaringan proxy terdistribusi yang dibangun di banyak data center. Tujuan dari CDN adalah untuk melayani pengguna dengan high availability dan high performance. CDN melayani konten internet, termasuk objek web (seperti teks, grafik, dan skrip), objek yang dapat diunduh (media file, software, dokumen), aplikasi (e-commerce, portal), live streaming media, on-demand streaming media dan sosial network.
distribution-server

Keuntungan CDN
Ada beberapa kelebihan menggunakan CDN dalam situs anda, seperti meningkatkan kecepatan memuat website dan mengurangi beban web hosting dalam konsumsi bandwidth.
difference-cdn
Seperti ilustrasi diatas, ketika data tersebut dikirimkan dari jarak jauh , ini tentu akan memakan banyak waktu untuk memuat. Namun jika hal yang sama dilakukan melalui server yang paling dekat dengan mereka, sebuah situs akan dimuat dengan cepat.

Saat kita melakukan request ke suatu halaman website terdapat batasan koneksi yang bisa digunakan. Jadi kalau situs tersebut memiliki banyak komponen seperti gambar atau video, maka proses loading website tersebut akan semakin lama karena permintaan browser akan diantrikan. Selain itu jika koneksi berjumlah banyak ke suatu situs juga akan membebani server, sehingga bisa membuat server tidak mampu melayani pengunjung.

Lokasi CDN yang dipakai juga tergantung dari situs itu berada, sehingga akan otomatis menggunakan yang terdekat ke posisi pengunjung.
cloudflare-cdn
contoh CDN dari Cloudflare
sumber
- sumber 1
- sumber 2

No comments:

Post a Comment