Monday, March 9, 2015

Report POC Procera 8920

Sudah lama sekali gak ngepost, semenjak terakhir memposting tentang ujicoba dan pasang perangkat deep packet inspektion. Akhirnya dibuatlah posting hasil ujicoba ini. Deep packet inspection (DPI) adalah sebuah perangkat jaringan yang melakukan paket filter yang menganalisis data dari paket yang melewatinya, mencari protokol yang tidak biasa, virus, spam, intrusi, atau mendefinisikan kriteria apakah dapat diteruskan atau di routing ulang ke tempat lain, bisa juga untuk tujuan pengumpulan informasi statistik.
Setelah kurang lebih sebulan dianalisis oleh perangkat ini, akhirnya didapatkan hasil yang cukup memuaskan. Ada banyak analisis yang berhasil di dapat. Seperti gambar berikut
Dari gambar diatas kita tau pengguna dari perangkat yang mengakses koneksi inet. User/client banyak menggunakan computer (dari sini dapat didefinisikan sebagai PC atau laptop), disusul oleh perangkat bergerak (phone dan tablet) serta TV (yang smart yah TV nya paling gak ada koneksi wifi ato LAN). Dari sini bisa kita lihat, penggunaan user/client berdasarkan aplikasi yang digunakan 
Ternyata benar dugaan selama ini, bahwa banyak user/client yang streaming. Streaming ini jangan disalah artikan bahwa user sedang youtube-an. Streaming disini bisa berupa radio streaming, televisi streaming, bahkan google video pun streaming (termasuk youtube). Selanjutnya adalah browsing, http download (ini lebih ke download manager dkk yang bikin senewen) dan seterusnya. Menurut salah satu artikel yang pernah saya baca, aplikasi streaming akan banyak diakses user dan dengan kemajuan teknologi, aplikasi ini akan menjadi pemakan bandwidth yang harus diwaspadai.
Dari hasil statistiknya pula, ada hal yang sebenarnya menjadi perhatian. Ada penyebab dari user yang menjadi penghalang bagi lancarnya koneksi internet. Hal ini dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

Dua gambar diatas menjelaskan bahwa user kita telah terinfeksi oleh adware,spyware dan bahkan malware. Hal ini perlu kita ketahui bahwa jaringan kita ternyata tidak bersih. Semacam ini dapat menjadi acuan untuk melakukan pembersihan dengan membeli perangkat Anti Virus yang mumpuni. Perlu diingat bahwa, hal ini membuat koneksi jaringan jadi lambat karena mereka menggunakan bandwidth kita. Kita ambil contoh hasil dari malware
Gambar diatas menampilkan user/client yang sudah terkena malware yang memiliki nama Ilnwi.net. Hampir seluruh user sudah terkena malware ini. Tampaknya perlu usaha besar untuk melakukan cleaning jaringan nich.
Kesimpulan
Dengan kemampuan yang mampu membongkar paket data yang dikirim dan masuk ke jaringan, perangkat ini memuaskan dari kinerjanya. Dengan throughput yang besar dari perangkat ini, sampai tidak terasa proses pembongkaran paket data yang lewat. Selain itu, perangkat ini bekerja di level aplikasi yang langsung bersentuhan dengan user. Oh ya perangkat ini juga mampu untuk melakukan proses shaping berdasarkan aplikasi. Mampu menggaransi user/client sebesar bandwidth yang diberikan secara fair. Intinya puas banget.
source : hasil ujicoba

No comments:

Post a Comment